Jumat, 11 Oktober 2013

KADAL DURI



Beberapa hari yang lalu saya, istri dan anak berjalan-jalan disebuah mall di daerah tangerang, kebetulan di mall itu sedang ada even pameran flora dan fauna. Kami memang sengaja kesana untuk mengenalkan kepada si buah hati yang baru berumur 13 bulan yentang kasanah tumbuhan dan hewan. Lagi asyik lihat-lihat pandangan saya tertuju pada sejenis reptile yag juga diperjual belikan disitu. Iseng saya masuk dan mencoba ngobrol dengan yang mempunyai stand yang juga sangat ramah membalas ajakan ngobrol saya.

Ternyata reptil yang saya maksud adalah kadal duri, Tampangnya sesangar iguana. Warna tubuhnya coklat kehitaman. Punggung sampai daerah pundak tersembul duri-duri mirip dengan buaya . Tapi jika dipegang duri terasa tumpul, tapi jika mencoba mengusap ke arah yang berlawanan dari duri saya jamin anda pasti akan tertusuk durinya.

Reptil asli Irian Jaya ini punya nama beken Triblonotus Gracilis. Kata yang jualnya cara pemeliharaannya cukup mudah. Sediakan saja kandang berupa aquarium dengan ukuran 60x30x40 cm yang diisi sedikit air dan bebatuan, maka kadal duri seperti punya rumah sendiri. Aquariumnya sendiri bisa terbuat dari plastic atau kaca. Asalkan suhu didalamnya 24-26 derajat celcius. Bila terlalu panas akan membawa perubahan pada tempramen kadal duri. Kadal akan kudah marah dan juga sesak napas. Untuk aquarium plastic disarankan agar saluran udara diperbanyak seperti penambahan lubang udara di dindingnya.

Sementara air tidak perlu banyak, cukup untuk membasahi tubuh kadal saja.Pada umur 4 bulan kadal sudah siap bertelur. Sekali bertelur bisa 6-8 butir. Setelah 2-4 minggu telur biasanya siap menetas.

Untuk makanan Kadal Duri termasuk Omnivora alias memakan segalanya (kecuali beling). Anda bisa membe3rikan sayuran sampai serangga. Berbeda dengan tampangnya yang sangar, kadal duri justru terkesan pemalu. Kadal ini juga mempunyai teknik khusus untuk menipu lawan atau pemangsanya, yaitu diam mematung atau pura-pura mti bila merasa terancam. Begitu musuhnya lengah ia langsung lari sekencang-kencangnya. Keahliannya yang lain, kalau kadal ini ketakutan ia bisa mengeluarkan suara tokek dan bisa memutuskan ekornya seperti cicak. Ekornya akan tumbuh lagi, setelah seminggu.




 copas mypeliharaan.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar